Pojok 32

Wonder Woman


Wonder Woman adalah superhero dari DC Comics yang diciptakan oleh William Moulton Marston.   Wonder Woman pertama kali muncul dalam All Star Comics #8 (Desember 1941).


Wonder Woman adalah seorang putri Amazon (berdasarkan Amazon dari mitologi Yunani) dan diciptakan oleh Marston, seorang Amerika, sebagai sebuah "model feminis yang memiliki misi membawa nilai-nilai Amazon berupa cinta, perdamaian dan persamaan sex kepada dunia yang dikuasai pria".  Ditempat asalnya dikenal sebagai Diana dari Themyscira, dia memiliki kekuatan super, dapat terbang, kecepatan super, stamina super dan sebagainya.  Dia memiliki kemampuan pertarungan tangan kosong dan memiliki pengetahuan dalam taktik perang.  Wonder Woman juga dapat berkomunikasi dengan hewan yang pada masa lalu digunakan untuk berkomunikasi dengan kerajaan hewan.  Dia menggunakan sebuah laso yang bernama Lasso of Truth, yang bisa memaksa mereka yang terikat olehnya untuk mengatakan kebenaran, sepasang gelang yang tidak bisa hancur, tiara yang berfungsi sebagai proyektil, dan dalam beberapa cerita, sebuah pesawat terbang.

Diciptakan pada masa Perang Dunia ke-2, karakter ini pada awalnya digambarkan melawan kekuatan militer the Axis, selain melawan penjahat-penjahat super. Pada tahun-tahun berikutnya, beberapa penulis mempertahankan setting Perang Dunia ke-2, dengan banyak tema dan cerita,  sementara penulis yang lain melakukan modifikasi pada cerita agar sesuai dengan masa kini.  Wonder Woman juga sering muncul dalam buku komik bersama superhero dari the Justice Society (dari tahun 1941) dan Justice League (dari tahun 1960). Selain dikenal sebagai superhero wanita yang populer dan menjadi icon superhero wanita di dunia komik, Wonder Woman juga menjadi icon feminis, dan dia dianggap sebagai sangat menarik secara fisik

Selain dalam komik, Wonder Woman juga tampil dalam beberapa media seperti seri TV Wonder Woman pada tahun 1975–1979 yang dibintangi Lynda Carter, juga dalam seri animasi seperti the Super Friends dan  Justice League. Walaupun sejumlah upaya telah dilakukan untuk mengangkat karakter ini dalam film kembali, tetapi belum ada yang berhasil. Sebuah film animasi telah dirilis pada tahun  2009, dengan Keri Russell sebagai pengisi suaranya. Pada tahun 2011, Adrianne Palicki membintangi film yang gagal yang rencananya akan menjadi tv series tentang karakter ini.

Pada Mei 2011, Wonder Woman ditempatkan pada posisi 5 di IGN's Top 100 Comic Book Heroes sebagai pahlawan sepanjang masa.

Pada artikel selanjutnya akan dibahas mengenai evolusi karakter Wonder Woman.