Kaos Potidu

Aktor-aktor Pemeran Superman


1. Kirk Alyn
1948-1950 


Pada masa ini ada 2 serial Superman yang diproduksi.  Yang pertama diberi judul Superman dirilis pada tahun 1948 dan yang kedua diberi judul Atom Man vs Superman yang dirilis pada tahun 1950.  Kedua serial ini dibintangi oleh Kirk Alyn sebagai Superman/Clark Kent dan Noel Neill sebagai Lois Lane.

2. George Reeves
1951-1957 


Aktor kedua yang bermain sebagai Superman adalah George Reeves.  Dalam film seri ini keluar kata-kata yang cukup terkenal yang menggambarkan sosok Superman yaitu: Faster than a speeding bullet. More powerful than a locomotive. Able to leap tall buildings in a single bound. Look! Up in the sky. It's a bird. It's a plane. It's Superman! Yes, it's Superman - strange visitor from another planet who came to Earth with powers and abilities far beyond those of mortal men. Superman - who can change the course of mighty rivers, bend steel in his bare hands, and who disguised as Clark Kent, mild-mannered reporter for a great metropolitan newspaper, fights a neverending battle for Truth, Justice, and the American Way.

3. Christopher Reeve
1978: Superman: The Movie
1980: Superman II
1983: Superman III
1987: Superman IV: The Quest for Peace

Aktor berikutnya yang bermain sebagai Superman adalah Christopher Reeve.  Bermain dalam 4 film Superman versi layar lebar Christopher Reeve masih memiliki pengaruh yang besar hingga saat ini terhadap penggambaran  sosok Superman sehingga banyak orang yang percaya bahwa Superman adalah sosok yang nyata ada.


4. John Haymes Newton
1988-1989 


John Haymes Newton ini mungkin lebih tepat dikatakan memerankan Superboy dan bukannya Superman walapun keduanya merujuk pada karakter yang sama tetapi digambarkan berbeda usiaSuperboy digambarkan sebagai Superman pada saat usia muda yang masih menjalani kuliah.  John Haymes Newton bermain dalam 100 episode serial Superboy yang diproduksi oleh Alexander dan Ilya Salkind, yang juga memproduseri film Superman versi layar lebar yang dibintangi oleh Christopher Reeve.

5. Gerard Christopher
1989-1992

Gerard Christopher menggantikan John Haymes Newton pada serial Superboy season 2 dan terus membintangi serial Superboy ini hingga dibatalkan pada tahun 1992.

6. Dean Cain
1993-1997


Dean Cain memerankan Superman pada serial  tv Lois & Clark: The New Adventures of Superman yang diproduksi oleh Warner Brothers dan tayang perdana di ABC Network di Amerika pada medium tahun 1993.  Selama 4 season dan 88 episode para penggemar Superman dari seluruh dunia dibuat terkagum-kagum dengan penampilan baru pada legenda Superman serta penampilan Teri Hatcher sebagai Lois Lane.  Walaupun ABC menjanjikan para penggemar Superman bahwa serial ini akan diproduksi hingga 5 season tetapi pada tanggal 21 Mei 1997 America Online menyatakan bahwa serial ini dibatalkan dan tidak ada episode baru yang dibuat.  Satu hal yang terlihat berubah jelas pada film serial ini adalah dihilangkannya ikal S pada rambut Superman yang biasanya selalu ada pada sosok Superman.

7. Tom Welling
2001-2011

Sebetulnya Tom Welling ini tidak pernah bermain sebagai Superman atau Superboy sekalipun.  Dia bermain sebagai Clark Kent pada serial tv Smallvile walapun pada ceritanya Clark Kent dan Superman diceritakan merupakan sosok yang sama.  Tom Welling bermain sebagai Clark Kent muda yang digambarkan memiliki kekuatannya secara bertahap.  Pada serial Smallvile ini Tom Welling tidak pernah sekalipun memakai kostum Superman


Brandon Routh bermain sebagai Superman dalam film layar lebar berjudul Superman Returns.  Dengan imbuhan kata Returns dibelakang Superman ingin diceritakan bahwa Superman akhirnya kembali lagi ke planet Bumi setelah menghilang beberapa tahun lamanya.  Pada kenyatannya film Superman Returns ini memang merupakan film Superman versi layar lebarnya yang kembali dibuat setelah 24 tahun lamanya tidak ada film Superman versi layar lebarnya yang terakhir kali dibintangi oleh Christopher Reeve pada film Superman IV: The Quest For Peace bahkan setelah 14 tahun tidak ada lagi aktor yang memerankan Superman setelah Dean Cain pada film Lois and Clark: The New Adventures of Superman, kecuali pada versi animasinya tentu saja.

9. Henry Cavill
2012 


Henry Cavill adalah aktor yang terpilih untuk memerankan tokoh Superman selanjutnya pada film Superman: Man of Steel yang diharapkan bisa dirilis sekitar tahun 2012.