Kaos Potidu

Superman: Doomsday


Superman: Doomsday sebetulnya adalah film lama…walau belum terlalu lama…tapi saya baru sempat menontonnya belakangan ini…dan langsung saya tulis reviewnya…siapa tahu ada penggemar film Superman yang belum tahu.


Pada saat perusahaan Lex Luthor menemukan sebuah kapsul terpendam jauh di bawah tanah… Luthor berusaha membuka kapsul itu.  Setelah kapsul itu terbuka ternyata didalamnya berisikan monster yang sangat kuat yang berasal dari ruang angkasa.  Setelah bebas dari kurungan kapsul yang menahannya, monster yang kemudian disebut Doomsday itu mengamuk dan menghancurka apapun yang ditemuinya termasuk juga membunuh warga.

Doomsday akhirnya tiba di Metropolis, kota tempat tinggal Superman.  Mengetahui kotanya porak poranda dihancurkan Doomsday, Superman akhirnya bertarung melawan Doomsday.  Doomsday ternyata sangat kuat sehingga Superman hampir saja kalah.  Dengan menggunakan sisa-sisa kekuatannya akhirnya Superman berhasil mengalahkan Doomsday… walaupun itu ternyata menjadi pertarungannya yang terakhir… Superman akhirnya mati setelah berhasil mengalahkan Doomsday.

Beberapa waktu setelah pertarungan Superman melawan Doomsday yang berakhir dengan kematian Superman, muncul sosok yang mengaku Superman.  Tetapi sosok Superman ini ternyata sangat emosional sehingga dia membunuh seorang penjahat.

Karena Superman yang satu ini tidak bisa dikendalikan, pemerintah mengerahkan militer untuk menangkapnya…tetapi karena kekuatannya sama dengan Superman asli…tidak ada yang bisa mengalahkannya…hingga muncul sosok Superman satu lagi yang berkostum hitam-hitam yang berhasil mengalahkan Superman yang satunya.

Menonton film ini mengingatkan saya pada dua novel Superman yang terbit sekitar tahun 1996-1997 yang bertajuk The Death and Life Of Superman: Doomsday dan The Death and Life Of Superman: Superman Bangkit Lagi (untungnya saya sebagai penggemar Superman masih menyimpan kedua novel itu baik-baik).   

Pada novel yang pertama The Death and Life Of Superman: Doomsday juga diceritakan tentang pertarungan Superman melawan Doomsday yang berakhir dengan kematian Superman…hanya saja di novelnya pertarungannya jauh lebih dasyat, juga banyak sekali superharo dari Liga Keadilan  (Justice League) yang muncul seperti Batman, The Flash, Green Lantern, Guy Gardner, Maxima, Fire, Ice, juga Supergirl dan lainnya.

Pada novel The Death and Life Of Superman: Superman Bangkit Lagi, diceritakan kemunculan 4 sosok yang menggunakan lambang Superman: Superman berbaju besi yang dikenal dengan Man of Steel atau Manusia Baja,  Superman berbaju perisai dan berkacamata yang dikenal dengan Putra Kripton, Superman Cyborg yang merupakan setengah manusia setengah mesin, dan Superman berkostum hitam-hitam.  Pada novel yang kedua ini juga muncul Supergirl dan Superboy.



Jadi sepertinya film Superman:  Doomsday berusaha memasukan kedua novel itu menjadi film…hanya saja ceritanya menjadi sedikit berbeda terutama pada bagian setelah Superman mati… dan menurut saya…novelnya jauh lebih seru.

Tapi…buat yang belum pernah baca novel The Death and Life Of Superman: Doomsday dan The Death and Life Of Superman: Superman Bangkit Lagi, film ini cukup asyik untuk ditonton…hanya saja anak-anak sebaiknya jangan menonton film ini karena banyak adegan kekerasannya dan beberapa scene menggambarkan cewek setengah telanjang.

Buat yang belum nonton film ini dan mau nonton sebetulnya bisa mendownload gratis film Superman: Doomsday ini, tetapi sayangnya saya lupa link url downloadnya, tapi saya download film ini di Indowebster.  Jadi coba aja cari disana.