Pojok 32

Earth-3, Dunia Paralel Superman




Earth-Three adalah sebuah semesta paralel yang disebut di the DC Comics Universe.  Earth-3 adalah planet Bumi pada realitas alternatif di komik DC Multiverse.  Pertama kali muncul dalam Justice League of America #29 (1964).

Sejarah Earth-3 merupakan kebalikan dari sejarah bumi yang kita tahu.  Di Earth-Three, Christopher Columbus adalah orang Amerika yang menemukan bemua Eropa; Inggris (sebuah koloni Amerika) mendapatkan kemerdekaannya dari Amerika melalui sebuah perang revolusi (Washington menyerahkan pedangnya kepada Cornwallis); President John Wilkes Booth dibunuh oleh seorang aktor bernama Abraham Lincoln; dan Lex Luthor (di Earth-3 disebut Alexander Luthor) adalah satu-satunya pahlawan super di bumi yang telah dikuasai oleh para penjahat, yang sebagian besarnya merupakan analog dan kebalikan dari pahlawan super di bumi yaitu Justice League of America yang di Earth-3 menjadi Crime Syndicate of America.

Earth-Three hancur oleh sebuah gelombang antimateri pada kisah pembukaan komik the Crisis on Infinite Earths. Satu-satunya yang selamat adalah  putra dari Alexander dan Lois Lane Luthor, Alexander Luthor, Jr.

Setelah Crisis, semesta multiverse telah digabungkan menjadi hanya satu semesta.  Kebanyakan sejarah Earth-Three selamat dalam bentuk antimateri planet Bumi yang sama seperti JLA: Earth 2 dalam sebuah antimateri semesta yanag disebut Qward. Pada akhir edisi perkenalan, Amerika telah meluncurkan bom nuklir ke kota London, melawan gerakan kemerdekaan Inggris.

Dalam edisi tahunan Superman/Batman no. 1, tiga anggota Crime Syndicate of Amerika -- Ultraman, Owlman, dan Superwoman -- muncul di Bumi utama bersama dengan antimateri tak bernama yang berasal dari Deathstroke (yang perilakunya termasuk kekuatannya sama dengan tokoh Marvel Comic's Deadpool) disewa untuk melindungi Bruce Wayne. Cerita sepertinya berlangsung pada saat Superman dan Batman saling mengetahui identitas masing-masing dan mempertarungkan Batman, Superman, dan Deathstroke melawan sosok antimateri mereka masing-masing.  Walaupun kemudian perlu dicatat bahwa dalam kisah itu diceritakan oleh  Mr. Mxyzptlk.

Meskipun DC Multiverse telah kembali dan penciptaan Earth-3 yang baru, Bumi/Earth Antimateri masih ada di Qward, berperan sebagai microcosm terbalik dari New Earth.

Pada akhir edisi no 52, sebuah multiverse baru terungkap, awalnya terdiri dari 52 realitas paralel.  Diantara realitas paralel yang ditunjukan adalah yang disebut "Earth-3".  Sebagi hasil dari Mister Mind yang  "memakan" semua aspek dari realitas ini, dibutuhkan aspek-aspek visual dari pra-Crisis Earth-Three.  Nama Crime Syndicate di Erath-3 dirubah menjadi Crime Society of America. The Crime Society dianggap sebagai versi jahat dari pahlawan-pahlawan di Earth-2, berlaku sebagai kebalikan dari Golden Age baru di semesta antimateri palnet Bumi.  Pahlawan super yang bernama the Jokester beroperasi di semesta ini, disusul oleh the Riddler, Three-Face (Evelyn Dent), dan Duela Dent.
Pada Countdown #31 versi Zatanna (Annataz Arataz) dari dunia ini telah digunakan oleh  Superman-Prime untuk mengurung Mister Mxyzptlk.