Musuh-musuh Terkuat Superman



Lex Luthor
 

Nama Asli: Alexander Joseph "Lex" Luthor
Pertama muncul: Action Comics #23 (1941)
Kekuatan: otaknya jenius, punya pengaruh kuat di politik, dan kaya raya
Siapa dia: ini dia musuh abadinya superman. Di cerita awal dia digambarkan sebagai ilmuwan gila. Tapi di cerita akhir dia digambarkan sebagai penjahat yang mampu mempengaruhi penjahat kelas kakap. Bahkan pada cerita Superman pada tahun 2000-an, Lex terpilih sebagai presiden Amerika Serikat. Lex diceritakan benci dengan superman karena dia menuduh Superman menghancurkan laboratorium miliknya.



Nama Asli: The ultimate
Pertama muncul: Superman: The man of steel #17 (1992)
Kekuatan: sangat kuat, setara dengan superman
Siapa dia: Doomsday adalah makhluk ciptaan Bertron. Ilmuwan gila di Planet Kripton ini mau menciptakan makhluk hidup mutakhir. Untuk itu Bertron dan timnya menaruh bayi ciptaannya itu ke planet Kripton dengan maksud untuk menciptakan makhluk hidup yang kuat luar biasa karena proses penyesuaian diri dengan lingkungan yang sangat keras. Pertama kali Doomsday bertemu dengan Justice league, ia berhasil mengalahkan mereka semua dalam hitungan menit hingga akhirnya ia bertemu Superman. Dalam pertempuran yang sangat sengit, kedua makhluk super ini saling melancarkan serangan mautnya masing- masing. dan akhirnya mereka berdua pun tewas.  Jadi inget film sama novelnya.




Nama Asli: Uxas
Pertama muncul: Superman's Pal Jimmy Olsen (1970)
Kekuatan: Kuat, teleportasi, telepati, bisa menghilang, dsb
Siapa dia: Penguasa planet Apokolips ini punya obsesi mendapatkan anti-life Equation yang terdapat di dalam alam bawah sadar manusia. Anti-Life Equation ini akan digunakannya untuk menguasai alam semesta.  Yang ini juga ada filmnya dan tampil bersama Batman dan Wonder Woman.


Brainiac


Nama Asli: Vril Dox
Pertama muncul: Action Comics #242 (1958)
Kekuatan: manipulasi elektrik, biologis dan bahan2 mineral
Siapa dia: brainiac berasal dari planet Colu yang sebagian besar penduduknya mempunyai kulit berwarna hijau. Suatu hari dia berhasil mengecilkan kota Kandor di planet kripton, dan datang ke bumi dengan ancaman mengecilkan semua kota di bumi.   Ada film animasinya yang berjudul Superman: Brainiac Attack, cuma saya belum sempet nulis reviewnya.



Mr. Mxyzptlk


Nama asli: Mxyzptlk (dibaca Mix-yes-spit-lick)
Pertama muncul: Superman #30 (1944)
Kekuatan: manipulasi hukum fisika dimensi ketiga
Siapa dia: merupakan makhluk mitos yang berasal dari dimensi kelima. Oleh karena itu dia kebal terhadap hukum2 yang ada di dunia manusia. Muncul di bumi, dia menggunakan kekuatannya dan berbuat onar dan membuatnya sebagai lelucon. kelemahannya adalah diman ketika dia mengeja mundur namanya menjadi "Kltpzyxm", dia akan kembali ke dunia asalnya 





Nama asli: Bizarro #1
Pertama muncul: Superboy #68 (1958)
Kekuatan: kebalikan dari kekuatan kriptonian, freeze vision, fire breath
Siapa dia: bizarro adalah klonnya superman. bizarro memang terbalik segala2nya dari superman, dari bentuk tubuhnya yang kotak, dan kata2nya pun terbalik. Misal: "me am going to kill you" diartikan sebagai " i will save you". Ia pun tinggal di planet "htrae" atau kalau dibalik menjadi "earth". Bizarro dikatakan sebagai perwakilan Soviet di komik Superman.

Zod


Nama asli: dru-zod
Pertama muncul: Adventure Comics #283 (1961)
Kekuatan: sama seperti superman
Siapa dia: zod pada awalnya adalah jendral dari pasukan militer kripton, namun karena dia melawan keputusa dari parlemen kripton, akhirnya dia diasingkan ke Phantom zone, karena alasan ini dia selamat dari tragedi kehancuran planet kripton. Setelah bebas, dia berniat untuk menaklukkan bumi tempat Superman berada 



Toyman
 
Nama asli: Winslow Schott
Pertama muncul: Action comics #64 (1943)
Kekuatan: memiliki senjata yang mirip mainan
Siapa dia: Winslow Schott merupakan pegawai di perusahaan mainan yang dipecat. Ia menganggap Lex Luthor lah yang menyebabkannya di PHK. Toyman memanfaatkan keahliannya membuat mainan untuk mengalahkan Superman.