Karakter Utama Star Wars: Luke Skywalker

Sebelumnya: Padme Amidala

Luke Skywalker adalah seorang pria yang memiliki kemampuan mengendalikan the Force yang menjadi salah satu pahlawan ketika terjadi Galactic Civil War dalam upaya meruntuhkan the Galactic empire, dan ikut andil dalam pembentukan New Republic dan New Jedi Order.


Lahir pada 19 BBY sebagai putra dari seorang mantan Jedi yang beralih ke sisi kegelapan bernama Anakin Skywalker dan seorang senator dari planet Naboo bernama Padme Amidala.  Luke dibesarkan di planet Tatooine dan disembunyikan dari Kaisar Palpatine dan ayahnya sendiri, yang telah menjadi Darth Vader, seorang Dark Lord dari Sith.  Pada 0 BBY kehidupan Luke Skywalker berubah selamanya.  Ketika membeli 2 droid, R2-D2 dan C-3PO akhirnya malah mengarahkan Luke untuk mendapatkan pelatihan mengendalikan the Force dari Obi-Wan Kenobi, seorang jedi master dalam persembunyian, dan bertemu Han Solo, juga bertemu Putri Leia Organa, yang tanpa sepengetahuannya, adalah saudara kembarnya.  Luke kemudian menghancurkan Death Star yang pertama dan bergabung dengan Rebel Alliance.

Beberapa tahun berikutnya, Luke Skywalker turut bertarung dalam beberapa pertempuran penting saat terjadi Galactic Civil War, turut membantu mendirikan Rogue Squadron dan melawan kekuatan kekaisaran di seluruh galaksi.  Pada tahun 3 ABY, Skywalker menerima pelatihan Jedi dari Jedi Master Yoda, dan kemudian mengetahu bahwa sang Sith Lord Darth Vader adalah ayahnya.  Satu tahun kemudian, dia turut berjuang dalam pertempuran di bulan Planet Endor yang dikenal dengan sebutan Battle of Endor, dan sukses mengembalikan ayahnya kembali kesisi kebaikan, walaupun hal itu juga pada akhirnya membuat ayahnya mati.  Atas upayanya mengembalikan ayahnya ke sisi kebaikan, pada akhirnya juga membuat ayahnya membunuh Palpatine dan mengakibatkan kehancuran kekaisaran Galaksi.  Satu tahun kemudian New Republic didirikan.

Selama beberapa dekade Luke membantu membantu memulihkan kedamaian di seluruh galaksi ketika saat bersamaan New Republic secara bertahap mengalahkan sisa-sisa dari kekuasaan kekaisaran yang masih ada.  Ketika Palpatine kembali dalam bentuk sebagai clone, sementara waktu Luke jatuh ke dalam kekuasaan kegelapan dan menjadi murid dari sang mantang kaisar.   Dia kemudian disadarkan berkat bantuan teman-temannya dan melanjutkan tujuannya membangun kembali the Jedi Order.  Pada 11 ABY, Luke mendirikan the New Jedi Order, dan mulai mengajarkan tentang kekuatan The Force di Jedi Praxeum, memenuhi takdirnya sebagai yang pertama dari the new Jedi. Dalam perjalanannya sebagai seorang Jedi kemudian timbul beberapa tantangan bagi Skywalker dan murid-muridnya diantaranya the Black Fleet Crisis, the Almanian Uprising, dan the lure of Waru, tapi Skywalker, dibantu rekan-rekannya sesama Jedi dan teman-temannya berhasil mengatasinya.   Sementara itu, setelah beberapa kali gagal menjalani hubungan, Luke menikahi sesama Jedi yang juga merupakan mantan kaki-tangan kekaisaran Mara Jade pada 19 ABY.

Beberapa tahun setelah berakhirnya Galactic Civil War, Skywalker sekali lagi harus berjuang di garis depan sebagai pimpinan the New Jedi Order, selama perang Yuuzhan Vong, sebuah invasi dari species ekstra-galactic Yuuzhan Vong.  Saat berlangsungnya perang, istri Luke melahirkan seorang anak laki-laki yang diberi nama Ben, sebagai kenangan dari mentor pertamanya Ben Kenobi.

Luke Skywalker mengalami pertempuran yang tak terhitung jumlahnya saat the New Republic pertama kali terdesak dalam pertempuran, termasuk saat planet Coruscant yang merupakan rumahnya jatuh.  Tetapi pemerintahan yang baru terbentuk, yang menamakan dirinya Galactic Federation of Free Alliances, regrouped dan membantu mendorong balik para alien.  Pada tahap akhir perang, Luke mencari planet hidup bernama Zonama Sekot, meyakinkannya untuk bergabung bersama the Galactic Alliance dalam sebuah pertempuran akhir di planet Coruscant, dimana Luke secara pribadi memimpin langsung penyerangan ke benteng pemimpin tertinggi Shimrra Jamaane dan membunuhnya.  Diiringi saat keponakannya Jacen Solo, kemudian membunuh Onimi, the Yuuzhan Vong akhirnya dikalahkan dan perang berakhir.

Setelah perang Yuuzhan Vong, Luke memiliki peran penting di antara para Jedi dalam krisis the Dark Nest Crisis, yang memaksanya mengadakan sebuah pertemuan para  Jedi untuk menangani perselisihan di dalam ordo.  Dihadapkan dengan perpecahan, Luke memperoleh gelar Grand Master dan mendapatkan kontrol langsung untuk pembentukan kembali Jedi Council. Walaupun sukses dalam menangani krisis the Dark Nest Crisis dan Swarm War, perdamaian belum sepenuhnya tercapai, Galactic Civil War kedua pecah beberapa tahun kemudian.  Luke jatuh dalam kegelapan ketika keponakannya Jacen Solo, menjadi seorang murid Sith dibawah seorang musuh lamanya Lumiya dan membunuh istrinya Mara.  Kesedihannya diperumit oleh anak laki-lakinya yang semakin mendekati sisi kegelapan, tetapi Luke tetap melanjutkan memimpin para Jedi, membentuk koalisi para Jedi untuk melawan kekuasan  the Alliance yang dipimpin keponakannya yang telah menjadi seorang Sith Lord bernama Darth Caedus.  Dengan bantuan Luke, Caedus terbunuh oleh saudara kembarnya Jaina, yang mengakhiri perang dan mengembalikan perdamaian di galaksi.

Pasca perang, Natasi Daala naik ke posisi Kepala Negara dan memupuk sentimen anti-Jedi yang tersebar luas yang mengakibatkan ketegangan antara Jedi Order dan pemerintahnya. Daala akhirnya menangkap Luke yang dianggap telah melalaikan tugas, dan sebagai ganti kebebasannya dia diasingkan dam dilarang melibatkan dirinya dalam setiap urusan Jedi Order. Skywalker dan putranya melakukan pengembaraan di seluruh galaksi untuk menemukan penyebab jatuhnya Jacen Solo ke sisi gelap. Selama perjalanan mereka, Skywalker menemukan Lost Tribe of Sith, serta entitas sisi kegelapan yang jahat yang dikenal sebagai Abeloth. Dengan bantuan putranya dan para Jedi, Skywalker kembali ke posisinya sebagai Grand Master. Luke Skywalker dan sekutu-sekutunya kemudian mengatasi ancaman Sith, mengalahkan Abeloth, mencegah bencana lain yang bisa membahayakan galaksi. Akhirnya, Luke meninggal, dan menjadi satu dengan the Force.

Berikutnya: Leia