Kaos Potidu

Karakter Utama Star Wars: Anakin Skywalker

Karakter Utama Star Wars: Anakin Skywalker

Bersama ibunya  Shmi, Anakin Skywalker merupakan budak dari pedagang barang bekas Watto  di planet Tatooine.  Ketika seorang Jedi bernama Qui-Gon Jinn, mahluk Gungan bernama Jar Jar Binks, dan seorang pelayan Naboo bernama Padmé datang ke toko Watto mencari spare part untuk memperbaiki kapal mereka, Anakin akhirnya berteman dengan mereka.  Tidak bisa menemukan komponen yang mereka perlukan, Anakin menyusun rencana untuk menolong teman-teman barunya dengan cara mengikuti Boonta Eve Classic Podrace dan menyerahkan hadiahnya kepada Qui-Gon.  Walaupun beresiko tapi Qui-Gon menyetujuinya, bertaruh melawan Watto dengan taruhannya kebebasan Anakin.


Qui-Gon menyadari bahwa Anakin memeiliki kekuatan The Force, dan setelah kemenangannya, memberi tahu Anakin bahwa dia telah bebas dan dapat berlatih untuk menjadi seorang Jedi. Anakin merasa senang tapi juga ketakutan karena harus meninggalkan ibunya.  Yoda merasakan hal ini ketika Anakin dibawa menghadap Dewan Jedi, dan rasa takut inilah yang membuatnya ditolak menjadi seorang Jedi.  Qui-Gon terkejut dengan keputusan ini, tetapi juga berkata pada Anakin untuk memperhatikannya sebagai pengganti pelatihan yang sebenarnya. Setelah Qui-Gon mati pada pertempuran di planet Naboo, melalui pesan terakhirnya kepada muridnya Obi-Wan, Qui-Gon meminta agar Obi-Wan melatih Anakin.  Dewan Jedi setuju, dan Anakin diterima sebagai murid Obi-Wan.

Sepuluh tahun setelah pertempuran di Planet Naboo, Dewan Jedi dan Kanselor Tertinggi menugaskan Obi-Wan dan Anakin untuk melindungi Senator Padmé Amidala setelah sebuah percobaan pembunuhan terjadi pada dirinya.  Anakin merasa tertarik pada Padme, dan mereka berdua akhirnya saling jatuh cinta.  Sebuah langkah yang berbahaya, karena kehidupan seorang Jedi melarang hubungan secara romantis. Pada saat yang bersamaan, Anakin sering mengalami mimpi buruk bahwa ibunya sedang dalam masalah. Anakin mengabaikan perintah Obi-Wan untuk tetap tinggal di planet Naboo, dan bersama Padme pergi ke Tatooine untuk menyelamatkan ibunya.    Setelah tiba di Tatooine, ternyata Shmi, ibunya, telah diculik oleh Sand People. Anakin mencari perkemahan mereka dan menemukan ibunya, yang kemudian meninggal dalam pelukannya.  Diliputi amarah, Anakin membantai setiap Tusken yang ditemuinya.  Setelah mengubur ibunya, Anakin kemudian menuju Geonosis untuk menyelamatkan Obi-Wan, yang telah ditangkap oleh pemberontak.  Tetapi disana, Anakin dan Padme tertangkap dan bersama Obi-Wan dikirim untuk hukuman mati.  Mereka bertiga kemudian diselamatkan oleh para Jedi dan Pasukan Clone Republik.  Mereka mengejar pimpinan pemberontak, Count Dooku. Anakin dan Obi-Wan bertarung melawan Dooku yang merupakan seorang bekas Jedi.  Dooku mengalahkan mereka dan memotong tangan Anakin.  Yoda kemudian datang untuk melawan Dooku, tetapi Dooku berhasil melarikan diri.  Setelah memulihkan diri, Anakin bersama Padme kembali ke Naboo dan mereka berdua akhirnya menikah secara rahasi.

Clone Wars kemudian meletus dan Anakin menjadi pahlawan. Saat kembali ke Coruscant setelah menyelamatkan Supreme Chancellor, Anakin mengetahui bahwa Padme hamil.  Setelah itu Anakin mulai mengalami mimpi bahwa Padme meninggal setelah melahirkan.  Anakin terobsesi untuk mencegah agar mimpinya tidak menjadi kenyataan, seperti saat dia mengalami mimpi tentang ibunya.  Pada saat yang bersamaan, Dewan Jedi dan Supreme Chancellor Palpatine sal;ing menaruh curiga satu sama lain.  Ketika kebingungan dan kecemasan Anakin meningkat, terutama karena ketakutan akan kehilangan Padme, Palpatine menceritakan tentang legenda Sith yang memiliki kemampuan untuk mencegah kematian seseorang.  Tergoda untuk mempelajari kekuatan ini, Anakin akhirnya bergabung dengan Palpatine yang telah mengakui dirinya sendiri sebagai seorang Sith Lord, Darth Sidious, dan berjanji untuk mengajarinya dalam jalan kegelapan.


Anakin membunuh Master Windu yang akan mengalahkan Sidious.  Sidious akhirnya menyatakan diri sebagai kaisar.    The dark side Master claimed the mantle of Emperor, dan Anakin memimpin penumpasan para Jedi sebagai Darth Vader, Sith Lord.  Mengabaikan perintahnya, Padmé mengikuti Anakin ke planet lava, dimana dia telah mengakhiri Clone War dengan menghancurkan para pimpinan pemberontak.  Padme mencoba menyadarkan Anakin, tetapi Anakin bersikeras bahwa apapun yang dia lakukan, walaupun sangat kejam, ditujukan agar dia memiliki kekuatan yang cukup untuk menyelamatkan Padme. Tetapi dengan memiliki kekuatan ini, Anakin menjadi berambisi untuk menjadi seorang kaisar dan menguasai galaxi bersama Padme.  Ketika Obi-Wan memperlihatkan diri, Padme pingsan setelah dicekik menggunakan The Force.  Anakin kemudian bertarung melawan Obi-Wan.  Pada akhirnya Anakin berhasil dikalahkan dan ditinggalkan dengan luka bakar yang sangat parah, disertai dendam dan kebencian pada Obi-Wan.  Ditemukan oleh Sidious, Anakin kemudian diselamatkan dan diberi armor berwarna hitam untuk membuatnya tetap hidup, menjadi lebih seperti mesin daripada manusia, dan menjadi Darth Vader. Padmé, yang kehilangan keinginan untuk hidup, meninggal setelah melahirkan 2 anak kembarnya, -- Luke and Leia --.


Sebagai Darth Vader, Anakin menyebarkan ketakutan ke seluruh galax.  Tetapi Anakin Skywalker, sang pahlawan pemberani, tidak betul-betul mati.  Setelah bertempur melawan anaknya Luke Skywalker yang disaksikan the Emperor, Luke mencoba membangkitkan kebaikan dalam diri ayahnya.  Vader pada akhirnya menyelamatkan Luke dari serangan the Emperor dan membunuhnya, dan kembali menjadi Anakin Skywalker.  Tetapi dia menderita luka yang cukup parah setelah menerima serangan dari the Emperor, dan sadar bahwa dirinya akan segera mati.  Anakin kemudian membuka topengnya sehingga dia dapat melihat Luke dengan matanya sendiri, setelah itu dia pergi dengan tenang menuju The Force.

Berikutnya:  Obi-Wan Kenobi

Anda suka kaos Science Fiction.  Silahkan lihat koleksinya di Pojok 32.  

Pojok 32, Spesial Untuk Diri Yang Spesial.