Wastafel Otomatis Startrek Style




Wastafel otomatis Startrek style.  Bagi Anda penggemar film Startrek atau setidaknya pernah melihat film startrek, ada scene yang menampilkan wastafel otomatis yang bisa mengeluarkan air dengan sendirinya hanya dengan mendekatkan tangan ke wastafel tersebut dan air akan berhenti sendiri jika tangan dijauhkan.  Sepertinya scene tersebut bagus sekali, karena wastafelnya terkesan canggih.

Gambar: dari film Startrek First Contact (koleksi pribadi)

Beberapa hari yang lalu saya bersama keluarga kembali melakukan perjalanan menuju Bekasi, kali ini dalam rangka liburan anak sekolah.

Dalam perjalanan menuju Bekasi kami berhenti di rest area km 97 jalan tol Purbaleunyi.  Karena saya ingin ke toilet bersama anak laki-laki saya, kami pun mencari toilet.  

Di toilet itu ternyata semuanya yang berhubungan dengan kran air dilakukan serba otomatis, mulai dari tempat buang air kecil termasuk wastafelnya semuanya serba otomatis.  Begitu melihat tempat buang air kecil dan wastafel yang otomatis itu saya jadi teringat film Startrek.

Tempat buang air kecil di toilet itu akan mengeluarkan air dengan sendirinya jika kita berdiri di depannya.  Tadinya saya bingung, bagaimana mengeluarkan airnya.  Ada sensor gerakan yang akan menangkap gerakan kita.  Dan air pun akan berhenti sendiri jika kita sudah selesai.  Jadi tidak perlu menekan atau memutar kran sama sekali.  Hanya saja, saya tidak memiliki foto tempat buang air kecil ini.... banyak orang... takut disangka gak sopan.


Wastafel tempat cuci tangan pun ternyata sama.  Saya juga tadinya bingung... mana pemutar kran atau dimana harus ditekan agar airnya keluar.  Ternyata wastafel itu juga menggunakan sensor gerakan di bawah kran.  Kita cukup meletakan tangan kita di bawah kran dan sensor yang berada tepat didepan akan menangkap gerakan kita dan airpun keluar.  Kalau sudah... jauhkan saja tangan dari wastafel dan air akan berhenti keluar.

Saya baru kali ini melihat wastafel otomatis seperti ini (kampungan yah...).  Walapun saya sering melakukan perjalanan Bandung - Bekasi tetapi baru sekarang saya berhenti di rest area km 97.

Jadi timbul pertanyaan saya, mana yang lebih dulu, wastafel di film Startrek yang menginspirasi pembuatan wastafel otomatis ini, ataukah memang sudah lama ada kemudian digunakan di film Startrek?  Kalau memang sudah lama ada seharusnya sudah banyak tempat yang menggunakan wastafel dan tempat buang air kecil otomatis ini sehingga menjadi praktis dan otomatis menghemat air juga karena air baru akan keluar jika ada yang bergerak di depan sensor dan akan berhenti jika sudah selesai... sehingga orang-orang pelupa atau yang memiliki kebiasaan tidak menutup kran air bukan lagi menjadi masalah.

Jadi, masa depan memang sudah tiba.