Kaos Potidu

Robot Badminton Penguji Aplikasi Penghemat Energi


Bagaimana rasanya bermain badminton dengan robot? Di Flander's Mechatronics Technology Center (FMTC) di Belgia para peneliti sedang membangun robot yang bisa bermain badminton, lapor Euronews (7/2/2013).


Sistem penglihatan stereo dipasang di tubuh robot untuk mendeteksi pergerakan shuttlecock dari dua sudut pandang, sehingga robot memiliki penglihatan stereo. Setelah mengukur jarak posisi shuttlecock, perangkat lunak robot kemudian akakn memutuskan gerakan apa yang akan dilakukannya untuk memukul balik.

Wim Symens, direktur teknis FMTC di Leuven, Belgia mengatakan, “Kami memutuskan membangun robot badminton untuk mendemonstrasikan terknologi baru yang sedang kami kembangkan. Alasan mengapa kami memilih sebuah robot badminton adalah karena kami pikir ini akan menjadi alat peragayang sangat meyakinkan, yang benar-benar menarik perhatian. Robot badmnton belum ada sebelumnya, ini adalah yang pertama dibuat dan setiap orang bisa bermain badmnton melawan robot.”

Robot dapat menagkis serangan shuttlecock berkecepatan hingga di atas 400 km perjam dengan waktu renspon hanya sepersekian detik.

Tidak hanya untuk permainan, robot badminton bernama “JADA” ini merupakan kelinci percobaan bagi para peneliti untuk menguji aplikasi perangkat lunak yang sedang mereka kembangkan untuk mendesain mesin hemat energi. Dengan teknologi aplikasi baru itu, nantinya diharapkan lahir rancangan-rancangan mesin hemat energi. Dengan aplikasi itu, sejauh ini peneliti sudah berhasil mengurangi konsumsi energi yang dipakai robot sebanyak 50%.*


Rep: Ama Farah
Red: Dija