Kaos Potidu

Star Trek Science





Pada artikel sebelumnya saya pernah mengulas sedikit tentang tehnologi star trek yang dulu saat awal munculnya film star trek dianggap canggih dan luar  biasa hi-tech tetapi saat ini sebagian diantaranya sudah digunakan... atau setidaknya hampir... dan tentang gadget-gadget star trek yang dulu  dianggap fiksi tetapi saat ini sudah bukan fiksi lagi karena memang sudah terwujud.

Tetapi sisi science dari film star trek tidak hanya sebatas itu, masih ada tentang wormholes, transporter untuk memindahkan objek menggunakan cahaya hanya dalam sekejap yang bahkan bisa memindahkan objek dari pesawat antariksa di orbit ke permukaan planet, replicator yang bisa mengeluarkan apapun yang kita perintahkan...kayak kantong ajaibnya doraemon, warp engines yang dapat menggerakan pesawat antariksa lebih cepat daripada cahaya sehingga memungkinkan orang-orang di star trek universe melakukan penjelajahan antar galaksi dan masih banyak.

Semua itu dianggap science fiction oleh kreator star trek Gene Rodenberry, tetapi pertanyaannya...seberapa banyak dari hal-hal tersebut yang merupakan kenyataan .. atau bisa menjadi kenyataan...?


The Science of Star Trek
Source: Best Computer Science Degree