Pojok 32

6 Superhero Yang Dapat Mengangkat Palu Thor


“Whosoever holds this hammer, if he be worthy, shall possess the power of Thor.”

Kalimat tersebut diucapkan oleh Odin, Raja bangsa Asgard, yang menggambarkan kesakralan palu Thor.  Pada awalnya Thor pun tidak sanggup mengankat Mjolnir karena dianggap tidak layak.  Dan Mjlonir ternyata memang tidak bisa diangkat oleh sembarang orang.  Mjolnir hanya bisa diangkat oleh orang yang memang dipilih oleh Mjolnir sendiri.

Tetapi ternyata ada orang lain yang dapat mengangkat Mjolnir.  Berikut diantaranya:  

Captain America

Captain America dapat mengangkat Mjolnir pertama kali tahun 1988 pada komik berjudul The Mighty Thor #390, yang mengisahkan tentang Thor yang dikalahkan oleh Grog and The Demons of Death.  Untuk mengembalikan kekuatan Thir Captain America mengangkat Mjolnir dan menyerahkannya pada Thor.

Berikutnya pada episode Fear Itself #7 (2011), Thor menjatuhkan Mjolnir ke bumi ketika tameng Captain America hancur saat melawan The Serpent.  Dengan menggunakan Mjolnir Captain America dapat mengalahkan The Serpent.

Conan


Saat masih dibawah Marvel, sempat ada crossover antara Conan dan Thor.  Dalam komik What If? Vol. 1 #39 Thor dikisahkan terlempar ke zaman Hyborian, dan bertemu dengan Conan. Kehilangan ingatan, Thor kemudian bergabung dengan Conan menjadi pencuri-perampok. Thor bertarung melawan Thoth-Amon, yang menginginkan kekuatan Mjolnir untuknya sendiri. Setelah pertarungan panjang, Thoth-Amon tewas dan Thor cedera parah. Saat kritis, Thor kemudian menyerahkan Mjolnir pada Conan.

Hulk


Hulk pun ternyata pernah mengangkat palu Thor.  Dalam komik Avengers Assemble #4 (2012), Ketika Thor hendak menghajar Thanos, Hulk yang berada di bawah pengaruh Thanos menahan lengan Thor, merebur Mjolnir dan menggunakannya untuk menghantam Thor.

Magneto

Ya saya tahu bahwa Magneto sebetulnya bukanlah superhero, tapi hei....setiap orang adalah pahlawan bagi orang lain.  Dan mAgneto juga tidak benar-benar mengangkat Mjolnir.  Dalam The Ultimates 3 dikisahkan bahwa Magneto memanipulasi unsur logam Mjolnir dengan kekuatan magnetnya.

Superman

Superman pernah mengangkat Mjolnir untuk menghantam musuh ketika memimpin Avengers dan Justice League menghadapi Krona. Tapi Superman tidak dapat mengangkat Mjolnir kembali setelah pertarungan selesai. Thor menyatakan bahwa Odin mengizinkan Superman mengangkat Mjolnir walau hanya sebentar untuk mengalahkan musuh, setelah Superman menang makan izin itu dicabut kembali dan Superman kembali tidak dapat mengangkat Mjolnr.  Semua itu ada dalam komik JLA/Avengers #4.

Wonder Woman

Dalam crossover berjudul Marvel vs DC #2 (1996) yang mengisahkan pertarungan superhero Marvel melawan superhero DC, Thor sempat kehilangan kontrol atas palu Mjolnir.  Palu Mjolnir kemudian mendatangi Wonder Woman dan Wonder Woman dapat mengangkatnya.

Demikian beberapa superhero yang dapat mengankat palu Thor Mjolnir.
 

Anda suka kaos Superhero.  Silahkan lihat koleksinya di Pojok 32.  

Pojok 32, Spesial Untuk Diri Yang Spesial.