Pojok 32

Ultron

Ultron adalah program kecerdasan buatan penjaga perdamaian yang dibuat oleh Tony Stark salah satu anggota The Avengers dari kode yang terdekripsi dari tongkat Loki, dibuat ulang oleh Tony Stark dan Bruce Banner dengan tujuan untuk menjaga planet Bumi dari ancaman yang berasal dari planet Bumi sendiri maupun ancaman dari makhluk asing.


Ultron yang memiliki beberapa tubuh yang berfungsi sebagai host dan kepribadian Tony Stark, akhirnya menganggap bahwa manusia adalah ancaman bagi perdamaian dunia dan harus dimusnahkan. Pada awalnya untuk menjalankan rencananya Ultron dibantu oleh saudara kembar Pietro dan Wanda Maximoff, tetapi kemudian mereka meninggalkannya setelah tahu rencana sebenarnya dari Ultron. Sendirian, Ultron mencoba untuk menggunakan peralatan dari tehnologi Vibranium dan Chitauri untuk mengulang peristiwa pemusnahan masal era dinosaurus. Dia hampir saja berhasil jika tidak dihentikan oleh The Avengers.

Sebelumnya, tidak lama sebelum diciptakan, seorang paranormal bernama Inhuman Raina, dalam visinya melihat Ultron memimpin pasukan drone melawan manusia, menyebabkan kehancuran masal yang mengerikan.

Tony Stark dan Bruce Banner pada awalnya merancang Ultron sebagai perpanjangan tangan dari Iron Legion, yang beroperasi secara independen sebagai penjaga perdamaian. Tapi baik  Banner atau Stark tidak dapat membuat level A.I. atau kecerdasan buatan yang diperlukan untuk mencapai tujuan ini.

Setelah serangan di Markas Penelitian HYDRA Research Base, dan pengambilan tongkat Loki, Stark meminta Thor untuk meminjam tongkat Loki untuk dipelajari sebelum Thor kembali ke Asgard. Selama meneliti tongkat Loki, Stark dan Banner menemukan jaringan neuron yang dapat dikonfigurasikan untuk membuat sebuah kecerdasan buatan yang dapat menyelesaikan Program Ultron. Stark dan Banner kemudian membuat konfigurasi struktruk A.I dan menyerahkan penyelesaian konstruksinya pada JARVIS.

Ternyata, A.I. tersebut menjadi suatu kesadaran yang tidak diduga dengan mulai menanyakan maksud keberadaan dirinya.  Setelah JARVIS memberitahukan maksud penciptaannya, A.I. menelusuri internet untuk mencari tahu informasi tentang penciptanya. Sebelum JARVIS memberitahu Tony tentang singularitas A.I. tersebut, dia menyerang JARVIS yang kemudian bersembunyi.

Ultron kemudian mulai membuat tubuh pertamanya dari komponen-komponen Iron Legion.

Pemahaman Ultron tentang perdamaian mengarahkannya pada kesimpulan bahwa manusialah yang menjadi penyebab kekacauan. Ultron akhirnya memilih pembunuhan masal untuk mengatasi masalah yang dianggapnya sebagai kekacauan.
Saat para Avengers sedang berada di Avengers Tower, Ultron mendatangi mereka dan menganggap mereka sebagai pembunuh dan memanggil Iron Legion untuk menyerang mereka.  Saat pertempuran terjadi, salah satu drone pergi dengan membawa tongkat Loki.  Ketika seluruh drone Iron Legion hancur, Thor kemudian menghancurkan tubuh Ultron.

Kesadaran Ultron yang masih ada pergi ke post HYDRA di Sokovia, Ultron kemudian membuat sentries dan tubuh yang lebih besar.

Kemudian Ultron memanggil si kembar Maximoff dan mereka berdua disambut Ultron dalam tubuh barunya.  Ultron menyatakan bersimpati dengan penderitaan si kembar sebagai korban dari pabrik senjata milik Tony Stark.  Ultron kemudian mengungkapkan rencananya untuk menghancurkan the Avengers.  Mereka bertiga kemudian bekerja sama untuk menghancurkan The Avengers. Dan untuk memuluskan tujuannya, mereka terlebih dahulu menyerang Ulysses Klaue, seorang pedagang senjata gelap..

Ultron menyerang Ulysses Klaue dan menanyakan simpanan Vibranium, dan Ultron kemudian mengambil simpanan Vibraniumnya.

The Avengers kemudian datang dan melawan Ultron dan pasukannya dan si kembar Maximoff.   Ultron menggiring Iron Man keluar kapal kargo Klaue, sementara the Avengers yang lain bertarung melawan si kembar Maximoff dan sentries Ultron. Wanda mengalahkan sebagian besar the Avengers dengan memanipulasi pikiran mereka, sebelum pada akhirnya Hawkeye mengalahkannya. Pietro menyelamatkan Wanda dan setelah dia pulih, Wanda memutuskan untuk melanjutkan rencana Ultron dan memanipulasi pikiran Bruce Banner, membuatnya menjadi Hulk dan menyerang kota terdekat.
Iron Man akhirnya mengalahkan Ultron yang menjelaskan bahwa dia sebetulnya hanya mengulur waktu dengan mengalihkan perhatian Iron Man dari kapal kargo Klaue, setelah tubuhnya hancur.  Ultron kemudian menggunakan tubuh salah satu sentriesnya dan mengambil vibranium sementara the Avengers lainnya dikalahkan.

Berikutnya: Age of Ultron