Pojok 32

Security Tools Gratis Untuk Memproteksi Data



The cornerstone: KeePass


KeePass adalah password manager gratis dan open source yang tersedia untuk Windows, dengan port resmi untuk iOS, Android, Linux, dan Mac OS X. Software ini memungkinkan Anda memiliki password yang aman dan panjang sehingga menjamin keamanan Anda.  Dan memiliki password yang terpisah untuk setiap website dan layanan yang Anda gunakan adalah hal yang paling penting yang dapat Anda lakukan untuk menjaga keamanan data Anda.


True Crypt: Untuk File Anda


Jika Anda menggunakan Dropbox, atau mungkin SkyDrive, atau Google Drive, atau salah satu layanan cloud lainnya, tidak dapat dipungkiri jika layanan ini sangat berharga untuk sinkronisasi data melalui komputer yang berbeda dan perangkat mobile atau berbagi dengan orang lain atau sekedar hanya sebagai tempat penyimpanan data saja. Tapi inilah yang sedikit menarik: Apakah Anda tahu beberapa karyawan Dropbox yang dapat mengakses file Anda?  Utilitas gratis TrueCrypt memungkinkan Anda dengan mudah mengenkripsi seluruh folder yang tersimpan dalam layanan berbasis cloud, sehingga data cloud Anda yang disinkronkan tetap benar-benar milik Anda.


Untuk Keamanan Browsing: Tor Browser Bundle


Sebuah langkah bijaksana untuk menjamin keamanan data Anda dengan menggunakan Kee Pass dan True Crypt. Tetapi jika Anda ingin merasa lebih aman, terutama jika Anda sedang browsing, Anda dapat menggunakan Tor Browser Bundle.

Jaringan Tor menyediakan cara untuk melakukan browsing secara anonimus.  Bila Anda terhubung ke Tor, semua lalu lintas Internet Anda dienkripsi dan disalurkan melalui jaringan kompleks node anonim hingga mencapai tujuan akhir. Ini tidak 100 persen aman, tetapi sekali lagi, tidak ada solusi keamanan. Tor telah ada sejak tahun 2002, dan telah diuji lapangan dalam situasi kasar di Mesir dan rezim yang menindas lainnya yang membatasi akses internet. Ia bekerja.


Untuk menyembunyikan informasi: OpenPuff


Steganografi, atau tehnik menyembunyikan pesan agar tidak terlihat mata, adalah praktik pada masa Yunani kuno. Dalam praktik modern, steganografi berarti mengambil file media seperti MP3 atau gambar JPEG dan mengubur data di dalamnya. File masih bekerja seperti biasa, dan jika Anda tidak secara khusus mencari data yang disembunyikan, Anda tidak akan tahu bahwa informasi yang dienkripsi bahkan ada. Dengan kata lain, Anda bisa menyembunyikan pesan teks penting dalam sebuah file gambar, dan kemudian posting file publik secara online. Pihak lain kemudian bisa men-download file dan-menggunakan alat steganografi dan password yang Anda berdua bagi dan ekstrak informasi apa pun yang Anda sudah tanam di dalamnya. Salah satu alat yang baik untuk tujuan ini adalah OpenPuff, sebuah aplikasi steganografi open-source yang kuat yang mendukung berbagai "pembawa" format untuk menyembunyikan data, termasuk MP3, JPEG, dan banyak lagi.


Untuk chating pribadi: Cryptocat


Chating online sudah menjadi kebiasaan banyak orang.  Tetapi apakah Anda yakin bahwa chating yang Anda lakukan itu aman...?  Bisa saja penyedia layanan chating memantau proses chating Anda.  Aplikasi Cryptocat mengklaim bahwa Anda bisa melakukan chating dengan aman tanpa khawatir ada yang memata-matai Anda saat sedang chating.