Pojok 32

8 Prediksi Wajah Kota 30 Tahun Yang Akan Datang

8 Prediksi Wajah Kota 30 Tahun Yang Akan Datang

Banyak dari kita yang sering membayangkan bagaimanakah kota-kota masa depan akan terlihat sekitar 30 tahun yang akan datang.  Bayangan kota-kota masa depan tersebut juga tentunya sering kita lihat dalam film-film bertema science ficiton.  Sebagian menggambarkan suasana kota yang futuristik dipenuhi dengan tehnologi tinggi.  Tetapi ada juga yang menggambarkan kota-kota masa depan yang hancur akibat perang atau bencana alam. 


Ian Person, seorang futurologist yang track record keakuratannya mencapai 85 %, membuat prediksi kota-kota yang mungkin akan hadir sekitar tahun 2045.  Berikut prediksinya.

Gedung-gedung akan dikendalikan oleh sebuah Artificial Intelligence


Prediksi yang pertama menyatakan bahwa penghuni gedung atau bangunan dapat berbicara ke gedung dan mengajukan permintaan, seperti permintaan untuk merubah temperatur ruangan.

Gedung-gedung super tinggi akan berfungsi seperti kota mini.

Dengan tingginya permintaan akan tempat tinggal dan mahalnya harga tanah, gedung-gedung super tinggi akan menjadi tempat tinggal bagi pekerja-pekerja berpenghasilan menengah dan rendah.  Gedung-gedung tersebut akan memiliki lantai-lantai yang berfungsi sebagai sarana olah raga, tempat tinggal dan tempat kerja.

Jendela gedung akan digantikan oleh layar virtual reality.

Dalam film Back To The Future 2, rumah masa depan Marty dilengkapi dengan sebuah jendela virtual reality yang dapat berubah ke dalam beberapa gambar.  Hal ini juga diprediksi akan terjadi, bahwa gedung-gedung tidak akan memiliki jendela tetapi diganti oleh layar virtual reality.

Manusia dapat memiliki semprotan yang digunakan pada lapisan khusus untuk mengumpulkan energi matahari.

Kemampuan sollar coating akan tergantung pada tehnologi nano yang akan memproduksi bahan berbasis nanopartikel, tetapi pada dasarnya, sebuah semprotan akan mampu menyerap dan mengkonversi sinar matahari menjadi energi.

Pemanas dan cahaya pintar akan mengikuti kemanapun kita pergi di dalam ruangan.

Pemanas dan cahaya akan diarahkan langsung pada kita kemanapun kita pergi di dalam ruangan dengan temperatur dan tingkat kecerahan yang kita inginkan.

Pekerja-pekerja konstruksi akan menggunakan exoskeleton ketika mengangkat benda berat.

Sebetulnya kita sudah dapat melihat ini.  Panasonic mengembangkan sebuah robotic suit (gambar di atas) yang dapat meringankan penggunanya ketika mengangkat benda yang berat.  Dan di masa depan robotic suit ini akan semakin banyak digunakan oleh para pekerja bidang konstruksi untuk mengangkat benda berat.

Pekerjaan konstruksi yang berbahaya akan ditangani oleh robot.

Prediksi ini juga akan menggambarkan bahwa robot akan bekerja bersama manusia, tapi dapat mengambil alih pekerjaan yang berbahaya dan beresiko tinggi.

3D printing dan robot akan memungkinkan membangun konstruksi dengan cepat

Printer 3D saat ini sudah mulai digunakan untuk membuat beberapa objek kecil.  Dan di masa depan printer 3D akan digunakan bersama robot untuk membangun sebuah konstruksi sehingga pembangunannya akan berjalan dengan cepat.


Itulah 8 prediksi wajah kota 30 tahun yang akan datang.  Tetapi masa depan belum terjadi dan semuanya masih berupa perkiraan.  Apapun bisa terjadi.
 

Anda suka kaos Superhero.  Silahkan lihat koleksinya di Pojok 32.  

Pojok 32, Spesial Untuk Diri Yang Spesial.