Kaos Potidu

Evolusi Logo Batman

Batman. Kamu pasti tahu Batman kan...? Jagoan asal Gotham City yang berkostum seperti kelelawar setiap kali menjalankan aksinya.  Selain kostumnya yang menyerupai kelelawar, logo yang dipakainya pun adalah logo kelelawar, dan logo Batman yang berupa kelelawar itu selalu ada di setiap atribut yang digunakannya mulai kendaraan seperti Batmobile, termasuk juga dalam setiap persenjataan yang digunakan oleh Batman.  Kamu tahu Batarang...? Sejenis senjata mirip bumerang tetapi berbentuk kelelawar. Dan atribut lainnya yang digunakan oleh Batman selalu memiliki logo.

Tapi tahukah kamu bahwa ternyata logo batman ini selalu berubah dari awal kemunculan pertamanya.  Sampai saat ini ada sekitar 15 variasi logo Batman yang digunakan oleh Batman pada film, komik maupun gamenya.

Evolusi logo Batman tahun 1939-1960

Evolusi Logo Batman tahun 1964-1966

Pada era ini mulai ada tambahan pada logo Batman berupa bidang oval berwarna kuning di sekitar gambar silhouete kelelawar Batman.

Bidang oval warna kuning ini membuat kostum Batman menjadi lebih ceria, sehingga tidak cocok dengan karakter Batman yang kelam.

Evolusi Logo Batman tahun 1986-2000

Karena dirasa kurang cocok dengan karakter Batman yang kelam dan muram maka bidang oval warna kuning kembali dihilangkan dan kembali ke asal berwarna hitam polos.


Demikian evolusi Logo Batman sejak awal kemunculannya hingga saat artikel ini dibuat.  

Anda suka kaos Superhero.  Silahkan lihat koleksinya di Pojok 32.  

Pojok 32, Spesial Untuk Diri Yang Spesial.