Pojok 32

5 Tehnologi Superhero Yang Nyata Ada





Menjadi seorang superhero pada kehidupan nyata, lengkap dengan kekuatannya, berkat teknologi maju yang cepat dan terus menerus dalam pengembangan sepertinya bukan hal yang mustahil lagi. 

Berikut adalah tehnologi superhero seperti yang ada dalam filmnya yang ternyata ada pada kehidupan nyata...setidaknya...dalam penelitian.

1. Sarung Tangan Spiderman/Backpack


Tim "Ascending Aggies" dari Utah State University telah memenangkan hadiah kontes yang diadakan oleh Angkatan Udara untuk menempatkan empat tentaranya ke atas tembok yang sangat tinggi.  Aggies Ascending membangun sebuah PVAC, atau Personal Vacuum Assisted Climber yang memungkinkan seseorang memanjat dinding layaknya Spiderman.


2. Mata Bionik


Spence telah bekerja bersama dengan tim insinyur untuk mengadaptasikan sebuah endoskop ke dalam sebuah socket kamera video. Alat ini dihidupkan dengan menggunakan gelombang magnet di dekatnya, yang kemudian akan mentransmikian sebuah sebuah sinyal video nirkabel untuk ditampilkan dalam sebuah handheld LCD.  Mata bionik ini mengingatkan saya pada film Bionic Man dulu.

3. Invisbility Cloack.


Para ilmuwan di Universitas Tokyo, Jepang, telah menemukan sebuah mantel yang dapat membuat mereka yang memakainya "tak terlihat". Mantel dibuat dengan "materi retro-reflektif" eof khusus typ yang bertindak sebagai layar fotografi. Sebuah kamera ada di belakang orang yang memakai mantel dan kamera tersebut direfleksikan sehingga pemakainya tampak transparan.  Jenis cloacking device seperti ini banyak ditemukan pada kisah-kisah Star Trek yang membuat sebuah pesawat pada film tersebut tidak terlihat.  

4. Iron Man Repulsor Beam Weapon


Patrick Priebe, seorang teknisi laboratorium Jerman dan seorang penggemar Iron Man yang fanatik, memutuskan untuk membuat sebuah laser kompak namun kuat yang terinspirasi oleh repulsor-beam yaitu senjata milik Tony Stark. Di AS, kekuatan maksimum untuk laser pointer konsumen biasanya hanya lima miliwatt, sedangkan laaser genggam Priebe memiliki kekuatan 1.000 miliwatt, cukup untuk siapa pun langsung buta jika tidak memakai kacamata keselamatan khusus.

5. XOS 2


Dijuluki XOS 2, exoskeleton digunakan terutama untuk mengangkat benda berat, benda berat akan terasa ringan bila menggunakan exoskeleton. Dirancang untuk militer, XOS 2 akan memberikan tentara mobilitas yang lebih baik dan mampu membawa bobot 200 pon di punggung mereka dengan sedikit tenaga.



Sumber: http://www.techeblog.com/